Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Shalat Dluha

Shalat Dluha ialah shalat sunnat yang dikerjakan pada waktu matahari sedang naik, sekurang-kurangnya shalat dluha ini dua rakaat, boleh empat rakaat, enam rakaat atau delapan rakaat. Waktu shalat dluha ini kira-kira matahari sedang naik setinggi kurang lebih 7 hasta (Pukul tujuh sampai masuk waktu dhuhur).

Bacaan surat dalam shalat Dluha pada rakaat pertama ialah surat asy Syams (Wasy Syamsyi wadluha haa) dan pada rakaat kedua surat adl Dluha (Wadl-dluha wal laili).

Lafadz niatnya adalah sebagai berikut :

اصلى سنة الضحى ركعتين لله تعالى. الله اكبر

Artinya : Aku niat shalat shalat dluha dua rakaat, karena Allah ta'ala. Allahu akbar.

Do'a yang dibaca setelah selesai shalat dluha adalah :


اَللَّهُمَّ اِنَّ الضُّحَــاءَ ضُحـَــاءُكَ وَاْلبَهَـــاءَ بَهَـــاءُكَ وَاْلَجَمَــالـَــ جَمَالُكَ وَاْلقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالقُدْرَةَ قُدْرَُكَ وَاْلعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. اللهُمَّ اِنْ كـَـــانَ رِزْقِى فِى السَّــمَاءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَــانَ فِى الْاَرْضِ فَاَخْرِجْه ُوَاِنْ كَانَ مُعَسِّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًـــا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْــــدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتُكَ وَقُدْرَتِكَ اَتِنِى مـَـــااَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّـــالِحِيْنَ

Artinya : "Ya Allah, bahwasanya waktu dluha itu waktu dluha-Mu, kecantikan ialah kecantikan-Mu, keindahan itu keindahan-Mu, kekuatan itu kekuatan-Mu, kekuasaan itu kekuasaan-Mudan perlindungan itu perlindungan-Mu". "Ya Allah, jika rizki-Mu masih diatas langit, turunkanlah dan jika ada di bumi, keluarkanlah, jika sukar mudahkanlah, jika haram sucikanlah, jika masih jauh dekatkanlah, berkat waktu dluha, keagungan, keindahan, kekuatan dan kekuasaan-Mu, limpahkanlah kepada kami segala yang telah Engkau limpahkan kepada hamba-hamba-Mu yang shalih".

Sabda Nabi Muhammad saw, yang diriwayatkan oleh Abu hurairah ra. dalam hadits sebagai berikut :

قــال رسول الله ص م مَنْ حَافَظَ عَلَى شُفْعَةَِ الضُّحَى غُفِرَ لَهُ ذَنَوْبَهُ وَاِنْ كَـــانَتْ مِثْلُ زَبَدِ اْلبَحْرِ (رواه الترمذي)

Artinya : "Siapa saja yang dapat mengerjakan shalat dluha dengan langgeng, akan diampuni oleh Allah swt sekalipun dosanya sebanyak busa lautan" (HR. Turmudi).

Wallahua'lam bisshowab

2 komentar untuk "Shalat Dluha"

  1. subhanallah,, terus terang saya jarang menunaikan sholat dhuha mas

    BalasHapus
  2. karena itu, mulai sekarang mari kita bersama2 istiqomahkan ya.........

    BalasHapus
close