Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Shalat Tahiyyatul Masjid

Shalat tahiyyatul masjid ialah shalat sunnat yang dikerjakan oleh jama'ah yang sedang masuk ke masjid, baik pada hari jum'at maupun lainnya, di waktu malam atau siang.

Jika kita masuk ke dalam masjid, hendaklah sebelum duduk kita mengerjakan shalat sunnat dua rakaat. Shalat sunnat ini disebut dengan shalat sunnah tahiyyatul masjid, artinya shalat untuk menghormati masjid.

Lafadh niatnya sebagai berikut :


اُصَلىِّ سُنَّةً تَحِيَّةَ اْلمَسْجِدِ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالىَ. الله اكبر

Artinya : Aku niat shalat sunnat tahiyyatul masjid dua rakaat karena Allah ta'ala. Allah akbar

Orang yang masuk ke masjid di kala khatib sedang berkhutbah, hendaklah shalat tahiyyatul masjid dilakukan dengan ringan, artinya jangan terlalu lama untuk segera dapat mendengarkan khutbah.

a. Doa waktu berangkat dari rumah ke masjid.


اَللهُمَّ اجْعَلْنِى فِى قَلْبِى نُوْرًا  وَفِى بَصَرِى نُوْرًا وَفِى سَمْعِى نُوْرًا وَعن يَمِيْنِى نُوْرًا وَخَلفِى نورا وَفِى عَصَبِى نُورًا وَفِى لَحْمِى نُوْرًا وَفِى دَمِّى نُوْرًا وَفِى شَعْرِى نُوْرًا وَفِى بَشَرِى نُوْرًا (رواه البخرى ومسلم)

Artinya : "Ya Allah Tuhan kami, berilah aku penyuluh atau cahaya dalam hatiku, curahkanlah cahaya dalam pandanagan ku, curahkanlah cahaya dalam pendengaranku, curahkanlah cahaya di sisi kannku, curahkanlah cahaya di belakangku, curahkanlah cahaya di dalam saraf-sarafku, curahkanlah cahaya di dalam daging-dagingku, curahkanlah cahaya di dalam rambutku, dan curahkanlah cahaya di dalam kulitku (HR. Bukhari dan muslim).

b. Doa ketika sedang masuk ke masjid

اللُّهُمَّ اغْفِرْلِي ذُنُوْبِى وَافْتَحْلِـــيْ اَبْوَابَ رَحْمَـــتِكَ

Artinya : Ya Allah ya Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami bukakanlah pintu-pintu rahmat dan restu-Mu.

c. Doa ketika keluar dari masjid.


اَللَّهُمَّ اغْفِرْلِى ذُنُوبِى وَافْتَحْلِي اَبْوَابَ فَضْلِكَ. اَللُهُمَّ اعْصِمْنِى مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْـــمِ

Artinya :"Ya Allah ya Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami bukakanlah bagiku pintu-pintu kemurahan-Mu, Ya Allah kami mohon berlindung dari syaithan yang tekutuk".

Semoga bermanfaat, Amiin...............

Posting Komentar untuk "Shalat Tahiyyatul Masjid"

close