Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bukti Keotentikan (Keaslian) Al Qur'an

Al Qur'an adalah murni firman Allah swt, kemurnian kitab al Qur'an dijamin sendiri oleh Allah swt, sampai akhir zaman. Hal ini dapat dibuktikan sampai sekarang al Qur'an adalah kitab yang mudah dipelajari dan dihafalkan oleh beribu-ribu umat islam di seluruh penjuru dunia.

Al Qur'an tidak ada keraguan di dalamnya.Kemukjizatan al Qur'an terletak pada fasahah dan balaghahnya, yaitu keindahan susunan dan gaya bahasanya. keindahan susunan dan gaya bahasa al Qur'an tidak ada tandingannya. Allah swt berfirman dalam al Qur'an surat al Baqarah ayat 23-24 sebagai berikut :


وَاِنْ كـُـنْتُمْ فِي رَيْبٍ مِمَّــا نَزَّلْنَا عَلىَ عَبْدِنَا فَاءْتُوْا بِسُوْرَةٍ مِنْ مِثْلِهِ وَادْعُوْا شُهَدَاءَكُمْ مِنْ دُوْنِ اللهِ اِنْ كُنْتُمْ صَدِقِيْنَ. فَاِنْ لَمْ تَفْعَلُوْا وَلَنْ تَفْعَلُوْا فَاتَّقُوْا الناَّرَ الَّتِى وَقُوْدُهـَـا النَّاسُ وَاْلحِجَارَةِ اُعِدَّتْ لِلْكـَــفِرِيْنَ

Artinya :"Dan jika kamu (tetap) dalam keraguan tetntang al Qur'an yang kami wahyukan kepada hamba kami (Muhammad), buatlah satu surat saja yang semisal dengan al Qur'an itu dan ajaklah penolong-penolongmu selain Allah, jika kamu orang-orang yang benar. Maka jika kamu tidak dapat membuatnya dan pasti kamu tidak akan dapat membuatnya, peliharalah dirimu dari neraka yang bahan bakarnya manusia dan batu, yang disediakan bagi orang-orang kafir (QS. al Baqarah :23-24)

Perilaku Mengimani Kebenaran Al Qur'an

Mengimani tentang kebenaran al Qur'an dapat dilakukan dengan beberapa hal sebagai berikut :
1. Meyakini dengan sepenuh hati bahwa al Qur'an adalah murni firman Allah swt
2. Membaca dan mempelajari ajaran dalam al Qur'an dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
3. Menghafalkan ayat-ayat al Qur'an supaya mendapatkan syafaat kelak di hari kiamat.
4. Mengamalkan secara keseluruhan ajaran dalam al Qur'an secara maksimal menurut kemampuan
5. Menyampaikan ayat-ayat al Qur'an kepada orang lain walau hanya satu ayat, agar bermanfaat dan menjadi petunjuk bagi umat manusia.

Selamat membaca, semoga bermanfaat

Posting Komentar untuk "Bukti Keotentikan (Keaslian) Al Qur'an"

close