Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Aqidah dalam Islam

Aqidah merupakan kata serapan bahasa arab yaitu     عقيدة    jamaknya  عقائد  artinya kepercayaan, keyakinan. Sedangkan menurut Istilah aqidah islam adalah sesuatu yang dipercayai dan diyakini kebenarannya oleh hati manusia sesuai ajaran Islam dengan berpedoman kepada Al Qur'an dan Hadits Nabi Muhammad SAW, 

Berikut ini pengertian Akidah secara terminologis atau istilah menurut tokoh-tokoh pergerakan :

a. Menurut Hasan al Banna   

Dalam kitab al majmu'ah ar rasail disebutkan sebagai berikut :

اَلعَقـَـائِـدُ هِـيَ الاُمُـوْرُ التيْ يَــجِبُ اَنْ يَـصَّدقَ بِـــهَا قَلْــبُكَ وَتطْمَـئِنُّ اِلَــيْهَا نَفْسُــكَ وَتَـكُوْنَ يَقِـيْنًا عِنْـدَكَ لايُـمَازِحُه ُرَيْـبُ وَلا يُـــخَالِـطُهُ شَـــكٌّ


Akidah adalah beberapa perkara yang wajib diyakini kebenarannya oleh hati, mendatangkan ketentraman jiwa, menjadi keyakinan yang tidak bercampur sedikitpun dengan keragu-raguan.

b. Menurut Abu Bakar Jabir Al Jaziry

اَلْعــَقِيْدَةُ هِيَ مَجْمُوْعَةٌ مِنْ قَضَايَا اْلحَقِّ اْلبِدَهِيَّةِ المُسَلَّمَةِ بِاْلعَقْلِ وَالسَّمْعِ وَالفِطْرَةِ يَعْقِدُ عَلَيْــهــَا الانسان قَلبَهَا وَيُثْنِيْ عَلَيْهَا صَدْرَهُ جَازِمًا بِصِحَّتِهَا قَاطِعًا بِوُجُوْدِهَا وَثُبُوْتِهَا لا يَرَى خِلافِهَا اَنَّهُ يَصِحَّ اَنْ يَكوُنَ اَبَدًا

Akidah adalah sejumlah kebenaran yang dapat diterima secara umum oleh manusia berdasarkan akal, wahyu, fitrah dan kebenaran itu dipatrikan oleh manusia di dalam hati serta diyakini kesahihan dan keberadaannya secara pasti dan ditolak segala sesuatu yang bertentangan dengan kebenaran itu.

Berdasarkan pengertian ulama-ulama di atas, dapat disimpulkan bahwa aqidah adalah suatu keyakinan yang dikaitkan denga rukun iman dan merupakan asas dari seluruh ajaran islam. dapat juga dipahami, aqidah merupakan suatu keyakinan yang muncul dari hati nurani, tanpa ada keraguan. 

Dasar- dasar ajaran Islam dapat dibagi menjadi tiga aspek yaitu, Akidah, Syariat dan Akhlak. Dari ketiga aspek tersebut aspek aqidah merupakan pokok ajaran islam dan akidah berkaitan dengan keyakinan (keimanan) kita terhadp yang ghaib. Aqidah berhubuingan dengan masalah hati. Adapun aspek syari'at berkaitan dengan amal ibadah kita,mengenai hukum perintah dan larangan Allah swt. adapun aspek akhlak adalah berkaitan dengan persoalan norma, etika, moral dan segala bentuk perilaku sehari-hari.

Ada beberapa istilah yang hampir sama dengan aqidah, yakni iman dan tauhid (keesaan). aqidah meliputi ilmu kalam, ushuluddin dan fikh akbar.

Ruang lingkup pembahasan aqidah islam meliputi :
  1. Illahiyat,  yaitu pembahasan tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan ketuhanan (Allah SWT), nama-nama dan sifat Allah, perbuatan-perbuatan Allah dan lain-lain.
  2. Nubuat, Yaitu membahas tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan nabi dan rasul, pembicaraan mengenai kitab-kitab Allah, mukjizat, wahyu dan lain-lain.
  3. Ruhaniyyat, yaitu pembahasan tetntang segala sesuatu yang berhubungan dengan alam metafisika, seperti halnya malaikat, jin, setan, roh, iblis dan lain-lain.
  4. Sam'iyyat, yaitu pembahasan tentang segala sesuatu yang hanya dapat diketahui melalui sami' (dalil naqli al Qur'an dan sunnah), seperti pembahasan tentang alam kubur, akhirat, tanda-tanda kiamat, alam barzah, surga, neraka, dan lain-lain.
Semoga bermanfaat

7 komentar untuk "Pengertian Aqidah dalam Islam"

close