Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Ilmu Falak

Menurut Bahasa (etimologi), Falak artinya orbit atau lintasan benda-benda langit, sehingga ilmu falak adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari lintasan benda-benda langit khusunya, bumi, bulan dan matahari pada orbitnya masing-masing dengan tujuan untuk diketahui posisi benda langit antara satu dengan lainnya agar dapat diketahui waktu-waktu dipermukaan bumi.

Ilmu ini disebut dengan ilmu Falak (lintasan benda langit), karena ilmu ini mempelajari lintasan benda-benda langit. Ilmu disebut pula dengan nama ilmu Hisab (perhitungan), karena ilmu ini menggunakan perhitungan. Ilmu disebut pula dengan Ilmu Rashd (pengamatan) karena ilmu ini memerlukan pengamatan. Ilmu ini sering ilmu Miqat (batas-batas waktu), karena ilmu ini mempelajari tentang batas-batas waktu. Dari keempat istilah di atas, yang populer di masyarakat adalah Ilmu Falak dan Ilmu Hisab.
pula disebut dengan

Adapun astronomi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari benda-benda langit secara umum. Sedangkan astrologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari benda-benda langit dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh benda-benda langit itu terhadap kehidupan (nasib) seseorang di bumi. Astrologi inilah yang dikenal dengan ilmu nujum.

Selamat membaca, semoga bermanfaat

Posting Komentar untuk "Pengertian Ilmu Falak"

close