Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sifat Allah SWT dalam Asmaul Husna

Secara sederhana, sifat dapat dapat diartikansegala sesuatu yang melekat dan menjadi ciri khusus bagi sesuatu atau sesseorang. Jadi sifat Allah artinya segala sesuatu yang melekat pada dzat Allah dan menjadi ciri khusus bagi zat-Nya tersebut. Sifat-sifat Allah swt juga disebut sebagai nama-nama Allah (asmaul husna). Para Ulama' tauhid menggolongkan sifat-sifat Allah menjadi 20 sifat, yang terbagi menjadi empat kategori, yaitu :

1. Sifat Nafsiyah
2. Sifat Salbiyah
3.Sifat Ma'ani
4. Sifat Ma'nawiyah

Namun Allah swt sendiri menyebutkan sifat-sifat-Nya dengan Asmaul Husna yang jumlahnya ada 99 nama.

Pengertian Asmaul Husna

Menurut bahasa, Asmaul Husna artinya nama-nama yang baik. menurut istilah asmaul husna adalah nama-nama Allah yang menunjukkan keagungan dan kemuliannya. Nama-nama ini (Asmaul Husna) hanya dimiliki oleh Allah swt, sebagai tanda keagungan dan kemulian-Nya. karena itu, apabila kita ucapkan nama-nama tersebut maka akan mempunyai manfaat yang besar sekali bagi pekerjaan yang sedang dilakukan dan terhadap orang yang telah melakukan pekerjaan. Karena itu, dianjurkan untuk berdoa dengan menggunakan asmaul husna. Perhatikan firman Allah SWT QS. Al A'raf ayat 180, di bawah ini :


وَلِلهِ الاَسْـــــــمَاءِ الْحُـــسْنَى فَدْعُوْهُ بِــــــهَأ وَذَرُوْا الَّذِيْنَ يُلْحِدُوْنَ فِى اَسْـــــــــــمَئِهِ سَيَجْزَوْنَ مَــــأ كَــــــــانُوْا يَعْلَمُوْنَ

Artinya : Dan Allah memiliki asmaul husna (nama-nama yang baik), maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyalahartikan nama-nama-Nya. Mereka kelak akan mendapat balasan terhadap apa yang mereka kerjakan (QS. Al A'raf : 180)

Ayat ini selain menganjurkan dalam berdo'a kepada-Nya supaya menggunakan asmaul husna juga
memerintahkan janganlah dihiraukan orang-orang yang menyembah Allah dengan nama-nama yang tidak sesuai dengan sifat-sifat keagungan Allah, atau dengan memakai asmaul husna, tetapi dengan maksud menodai nama Allah atau mempergunakan untuk nama-nama selain Allah, karena dia akan mendapat balasan.

Begitu juga Rasulullah saw bersabda :

اِنَّ اللهَ تِسْعًا وَتِسْعِيْنَ اِسْـــــــمًا مِائَةً اِلاَّ وَاحِدًا مَنْ اَخْصَاهَــــا دَخَلَ الْجَنَّةَ اِنَّهُ وِتْرٌ يُحِبُّ الْوِتْرَ (رواه البيهقى)

Artinya :"Sesungguhnya Allah mempunyai 99 nama, yaitu seratus kecuali satu. Barang siapa yang menghafalkannya dia akan masuk surga. Sesungguhnya itu witir (tidak genap), Dia menyukai akan witir itu (HR. Baihaqi)

Asmaul husna telah diungkapkan dalam al Qur'an, diantaranya yang banyak disebut Rabb artinya yang memiliki, mendidik, dan memelihara juga Rahman dan Rahim artinya maha pemurah dan maha penyayang. Namun perlu diketahui bahwa Asmaul husna bukan berarti menunjukkan jumlah Tuhan atau Tuhan itu banyak, melainkan nama-nama Allah swt yang menunjukkan kemulian-Nya dan keagungan-Nya yang sesuai dengan sifat-sifat kesempurnaan Allah SWT.

Untuk melihat Asmaul husna beserta penjelasan (artinya) klik link di bawah ini :

Asmaul husna (Nama-Nama Allah SWT yang baik)

Semoga Allah swt selalu memberikan rahmat-Nya kepada kita semua, amiiin

Posting Komentar untuk "Sifat Allah SWT dalam Asmaul Husna"

close