Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Shalat Sunnat Taubah

Shalat sunnat Taubah adalah shalat yang disunatkan. Shalat ini dilakukan setelah seseorang melakukan dosa atau merasa berbuat dosa lalu bertaubat kepada Allah swt.

Berbuat sesuatu dosa berarti menyesal atas perbuatan yang telah dilakukan dan berniat tidak akan melakukannya lagi disertai permohonan ampun kepada Allah swt.

Lafadz niatnya adalah sebagai berikut :

صلي سنة التوبة ركعتين لله تعالي
Artinya : Aku niat shalat sunnat taubat dua rakaat karena Allah ta'alaa. Allahu akbar ....

Shalat sunnat Taubat ini dianjurkan oleh Rasulullah saw sebagaimana sabdanya :
Artinya : Setiap orang yang pernah berbuat dosa, kemudian segera bergerak dan berwudlu kemudian shalat lalu memohon ampunan dari Allah pasti Allah akan memberikan ampunan baginya, setelah itu dibacanya surat ini : Mereka yang pernah mengerjakan kejahatan atau telah berbuat dosa terhadap dirinya sendiri, lalu mereka segera ingat kepada Allah terus memohon ampunan atas dosanya. Siapa pula yang akan mengampuni segala dosa kalau bukan Allah swt. Sesudah itu mereka insyaf dan sadar bahwa tidak akan mengulangi lagi perbuatan dosa seperti yang sudah maka mereka itu akan diganjar dengan suatu pengampunan dari Allah swt dan akan diberi pahala dengan surga dimana di bawahnya mengalir air sungai dan disitulah tempat mereka kekal abadi.



a. Jumlah rakaatnya 2, 4 sampai 6 rakaat.
b. Doanya :

للَّهُمَّ اِنِّى اَسْاَلُكَ تَوْ فِيْقَ اَهْلِ الْهُدَى وَاَعْمَالَ اَهْلِ التَّوْبَةِ وَعَزْمَ اَهْلِ الصَّبْرِ وَجِدَّ اَهْلِ الْخَشْيَةِ وَطَلَبَ اَهْلِ الرَّ غْبَةِ وَتَعَبُّدَ اَهْلِ الْوَرَعِ وَعِرْفَانَ اَهْلِ الْعِلْمِ حَتَّى اَخَافَكَ . اَللَّهُمَّ اِنِّى اَسْاَلُكَ مَخَا فَةً تَحْجُزُ نِى عَنْ مَعَاصِيْكَ حَتَّى اَعْمَلَ بِطَا عَتِكَ عَمَلاً اَسْتَحِقُّ بِهِ رِضَاكَ حَتَّى اُنَا صِحَكَ فِىالتَّوْ بَةِ خَوْ فًا مِنْكَ وَحَتَّى اَخْلِصَ لَكَ النَّصِيْحَةَ حُبًّا لَكَ وَحَتَّى اَتَوَ كَّلَ عَلَيْكَ فَ اْلاُمُوْرِ كُلِّهَاوَحُسْنَ ظَنٍّ بِكَ . سُبْحَانَ خَالِقِ نُوْرٍ
Artinya : Saya Memohon ampunan kepada Allah swt yang maha agung. Saya mengaku bahwa tiada Tuhan melainkan Allah swt Tuhan yang hidup dan terus selalu jaga. Saya memohon taubat kepada-Nya selaku taubatnya seorang  hamba yang banyak berdosa, yang tidak mempunyai daya upaya untuk berbuat madharat atau manfaat untuk mati atau hidup maupun bangkit nanti.

c. Sangat baik sekali memperbanyak membaca induk istighfar. yaitu sebagai berikut :
Artinya : Ya Allah Engkaulah Tuhan kami tiada tuhan melainkan Engkau yang telah menciptakan aku, dan akulah hambamu. Dan akupun dalam ketentuan dan janjimu sedapat mungkin aku lakukan. Aku mohon berlindung padamu dari segala kejahatan yang telah Engkau ciptakan, aku mengakui nikmat_Mu yang telah engkau limpahkan kepadaku, dan aku mengakui dosaku, karena itu berilah ampunan kepadaku, sebab tidak ada yang dapat memberi pengampunan kecuali hanya Engkau sendiri, Aku memohon perlindungan dari segala kejahatan apa yang ku lakukan.

Semoga bermanfaat. Amiiin ya rabbal 'alamiiin ...........................

Posting Komentar untuk "Shalat Sunnat Taubah"

close