Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Khutbah Jum'at : Mengurangi Kekerasan dan Ekstrimisme Melalui Pendalaman Aqidah

Khutbah I

اَلْحَمْدُ للهْ، اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِيْ غَمَرَ صَفْوَةَ عِبَادِهِ بِلَطاَئِفِ التَّخْصِيْصِ قَوْلًا وَامْتِنَانًا. وَأَلَّفَ بَيْنَ قُلُوْبِهِمْ فَأَصْبَحُوْا بِنِعْمَتِهِ إِخْوَانًا. وَنَزَعَ الغِلَّ مِنْ صُدُوْرِهِمْ فَأَصْبَحُوْا فِى الدُّنْيَا أَصْدِقَاءَ وَأَعْوَانًا، وَفِي اْلآخِرَةِ رُفَاقَاءَ وَأَخِلَّاَنا، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، شَهَادَةً يَوْمَ الزِّحَامِ بِهِ تُنْجِيْنَا، وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا وَنَبِيَّنَا وَشَفِيْعَنَا سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا قُرَّةَ اَعْيُنِنَا، الشَّافِعَ الْمُشَفَّعِ يَوْمًا يَحْسَبُ اللهُ لَنَا أَعْمَالَنَا. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى نُوْرِ الْاَنْوَارِ، وَسِرِّ الْاَسْرَارِ، وَتِرْيَاقِ الْاَغْيَارِ، وَمِفْتَاحِ بَاِب الْيَسَارِ، سَيِّدِنَا وَمَوْلَاَنا مُحَمَّدٍ الْمُخْتَارِ وَأَصْحَابِهِ الْأَخْيَارِ عَدَدَ نِعَمِ اللهِ وَإِفْضَالِهِ. أما بعد 

Ma’âsayairal hâdhirîn hafidhakumullâh,

Melalui mimbar Jumat yang mulia ini, saya ingin menyampaikan wasiat dan mengajak khususnya kepada diri saya sendiri, marilah kita tingkatkan iman dan takwa kita kepada  Allah subhânahû wa ta’âlâ dengan cara berusaha menjalankan perintah-perintah-Nya dan menjauhi larangan-larangan-Nya.

Hadirin,

Dalam rangka meningkatkan iman dan takwa, di samping kita wajib melaksanakan perintah dan menjauhi larangan Allah dan Rasul-Nya, kita juga harus melengkapi keimanan dan ketakwaan kita tersebut dengan pemahaman tentang bagaimana beriman atau berkeyakinan kepada Allah dan Rasul-Nya secara benar. 

Yang perlu diketahui pertama kali, paling mendasar bagi semua insan adalah mengetahui tentang ketuhanan (tauhid) secara mantap dalam hati. Mengutip pernyataan Syekh Ibnu Ruslan dalam kitabnya Az-Zubad sebagai berikut: 

أَوَّلُ وَاجِبٍ عَلَى الْإِنْسَانِ   مَعْرِفَةُ الْاِلَهِ بِاسْتِيْقَانِ

Artinya: “Kewajiban pertama kali bagi manusia adalah mengenal Tuhan dengan keyakinan yang teguh.”

Ulama-ulama Ahlussunnah menyatakan, setiap orang Islam wajib mengetahui sifat dasar ketuhanan yang tercantum pada istilah aqâid lima puluh. Pada akidah dasar ini setiap orang harus mengenal Tuhannya, bahwa Tuhan itu mempunyai sifat wajib 20, sifat muhal/mustahil juga 20, dan sifat jâiz satu. Semua sifat di atas adalah dogma yang bersifat absolut (benar, mutlak dan tak terbatas).

Bila Allah disebut sebagai Dzat yang Maha-Melihat, Maha-Mendengar, dan Maha-Mengetahui, maka penglihatan, pendengaran dan pengetahuan Allah subhanahu wa ta’ala tak terbatas dengan ruang dan waktu. Demikian juga kekuasaan dan kehendak-Nya tidak terbatas dengan ruang dan waktu. 

Berbeda sekali dari manusia yang senantiasa dalam keterbatasan. Misalnya kita melihat, penglihatan kita terbatas pada saat kita terjaga. Ketika kita tidur, kita tak lagi bisa melihat. Cara melihat kita pun melalui perantara mata. Tanpa mata, kita tidak bisa melihat. Jarak pandang kita juga terbatas. Kita di Indonesia tak bisa melihat belahan bumi yang berseberangan dengan kita. Bahkan kita tidak bisa melihat dengan jarak di atas 1 km. Ini menunjukkan pandangan kita terbatas. Berbeda dengan pandangan Allah yang absolut, tak terbatas. 

Kedua, apa saja yang terjadi di alam semesta ini, tidak lepas dari sifat qudrah (kemapuan) dan irâdah (kehendak) Allah. Kehendak Allah meliputi apa saja yang terjadi di jagat raya ini baik itu berskala kecil mulai dari penciptaan atom, pergerakan mikroba sampai penciptaan bumi langit seisinya dan semua kegiatan entah itu baik atau buruk, semua atas kehendak Allah. 

وَمَا تَشَاءُونَ إِلَّا أَنْ يَشَاءَ اللَّهُ رَبُّ الْعَالَمِينَ

Artinya: “Dan kamu tidak dapat menghendaki (menempuh jalan itu) kecuali apabila dikehendaki Allah, Tuhan seluruh alam. (QS At-Takwir: 29) 

Pada ayat tersebut, Imam Al-Qurtubi dalam tafsirnya menyatakan bahwa ayat tersebut turun berawal dari ayat  

إِنْ هُوَ إِلَّا ذِكْرٌ لِلْعالَمِينَ، لِمَنْ شاءَ مِنْكُمْ أَنْ يَسْتَقِيمَ

Artinya: “(Al-Quran) itu tidak lain adalah peringatan bagi seluruh alam. (Yaitu) bagi siapa di antara kamu yang menghendaki jalan yang lurus.”

Menurut cerita Abu Hurairah dan Sulaiman bin Musa, saat ada Al-Qur'an yang berbunyi, “bagi siapa di antara kamu yang menghendaki jalan yang lurus”, Abu Jahal lalu berdalih. Ia membuat ayat ini sebagai tameng. “Semua urusan itu terserah kita. Kalau kita mau, kita akan jadi orang yang lurus. Jika kita tidak mau, ya kita tidak akan jadi orang lurus.” Begitu kata Abu Jahal. Ideologi ini termasuk konsep dasar ideologi Qadariyah. 

Setelah Abu Jahal mengatakan demikian, turunlah ayat: 

وَما تَشاؤُنَ إِلَّا أَنْ يَشاءَ اللَّهُ رَبُّ الْعالَمِينَ، فَبَيَّنَ بِهَذَا أَنَّهُ لَا يَعْمَلُ الْعَبْدُ خَيْرًا إِلَّا بِتَوْفِيقِ اللَّهِ، وَلَا شَرًّا إِلَّا بِخِذْلَانِهِ

Dengan demikian, jadi jelas. Seorang hamba tidak akan bisa berbuat kebaikan kecuali mendapatkan pertolongan Allah, dan tidak pula bisa melakukan keburukan kecuali melalui perantara kuasa Allah. (Tafsir Al-Qurthubi, juz 19, halaman 243)

Meskipun semua kebaikan dan keburukan itu atas kehendak Allah, para ulama membuat klasifikasi sebagai berikut: 

Ada satu hal yang dikehendaki oleh Allah. Perkara ini selain dikehendaki, juga disukai dan diridhai oleh Allah subhanahu wa ta’ala, yaitu perbuatan yang sesuai dengan perintah Allah dan Rasul-Nya. 

Namun ada pula satu hal yang dikehendaki oleh Allah tapi tidak disukai dan tidak diridhai oleh Allah subhanahu wa ta’ala yakni perbuatan-perbuatan maksiat yang dilarang oleh Allah dan Rasul-Nya. 

Sehingga sebagai bentuk adab kita kepada Allah, jika kita melakukan kebaikan, kita harus mengembalikan bahwa ini bukan kehendak kita, namun kehendak Allah. Sehingga kita mengucapkan hamdalah, atas taufiq atau pertolongan Allah, kita bisa melaksanakan taat. 

فَأَلْهَمَهَا فُجُورَهَا وَتَقْوَاهَا 

Artinya: “Maka Dia (Allah) mengilhamakaan kepadanya (jalan) kejahatan dan ketakwaannya.” (QS As-Syams: 8) 

Sebaliknya, seumpama kita terpeleset melakukan maksiat, kita seharusnya menyatakan itu perilaku kita pribadi berdasarkan atas kebodohan kita. Sehingga jika demikian, kita kemudian minta ampun/istighfar kepada Allah subhanahu wa ta’ala

Jika kita sudah memahami bahwa semua yang terjadi atas kehendak Allah, kita tidak boleh memaksa siapa pun untuk mengikuti kehendak kita, baik secara gagasan maupun gerakan, termasuk dalam masalah berdakwah. Jangankan kita, Rasulullah Muhammad shallallahu alaihi wa sallam saja tidak punya otoritas untuk memberikan hidayah kepada seseorang, sebagaimana firman Allah subhanahu wa ta’ala

إِنَّكَ لَا تَهْدِي مَنْ أَحْبَبْتَ وَلَٰكِنَّ اللَّهَ يَهْدِي مَنْ يَشَاءُ ۚ وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِينَ

Artinya: “Sungguh, Engkau (Muhammad) tidak dapat memberi petunjuk kepada orang yang engkau kasihi, tetapi Allah memberi petunjuk kepada orang yang Dia kehendaki, dan Dia lebih mengetahui orang-orang yang mau menerima petunjuk." (QS Al-Qashah: 56) 

Hadirin! 

Merupakan sunnatullah, manusia diciptakan terdiri dari laki-laki dan perempuan, bersuku-suku dan berbangsa-bangsa. Bahkan beraneka ragam budaya serta agama yang diyakini oleh penduduk yang hidup di bawah kolong langit ini. Semuanya itu hanya Allah yang akan memberikan penilaian. Siapa di antara mereka yang paling mulia? Tentu mereka yang paling takwa. Siapa yang paling takwa, hanya Allah yang paling bisa memberikan penilaian. 

يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُمْ مِنْ ذَكَرٍ وَأُنْثَى وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُوبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ

Artinya:" Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Maha teliti. (QS Al-Hujurat: 13) 

Sikap ekstrem atau keras dalam beragama dan tindakan kekerasan dalam berdakwah hanya akan merugikan diri sendiri dan membuat citra negatif terhadap kesucian dan keagungan Islam yang kita cintai dan kita banggakan ini. 

Oleh karena itu, marilah kita teladani akhlak dan perilaku Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam sebagaimana yang dinyatakan oleh Allah subhanahu wa ta’ala:

فَبِمَا رَحْمَةٍ مِنَ اللَّهِ لِنْتَ لَهُمْ ۖ وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيظَ الْقَلْبِ لَانْفَضُّوا مِنْ حَوْلِكَ ۖ فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاسْتَغْفِرْ لَهُمْ وَشَاوِرْهُمْ فِي الْأَمْرِ ۖ فَإِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِينَ

Artinya: “Maka berkat rahmat Allah engkau (Muhammad) berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya engkau bersikap keras dan berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekitarmu. Karena itu maafkanlah mereka dan mohonkanlah ampunan untuk mereka, dan bermusayawarahlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian, apabila engkau telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah. Sungguh, Allah mencintai orang-orang yang bertawakal.” (QS Ali Imran: 159) 

Jika tauhid kita kuat, mestinya kita tidak akan menebar ketakutan atau teror kepada siapa pun. Nabi Muhammad dengan perilakunya, sikapnya yang lemah lembut bisa menarik orang-orang yang sebelumnya belum Islam menjadi memeluk agama Islam karena tertarik dengan model dan cara dakwah Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam

Meskipun begitu, tetap saja ada orang-orang yang iri dan tidak setuju pada dakwah Baginda Nabi  yang mengajak mengesakan Tuhan seperti Abu Jahal, Abu Lahab dan sebagainya. Bagaimana sikap Nabi? Nabi tidak membalasnya dengan menebar teror kepada mereka. Nabi tidak pernah memaksakan ajakan dakwahnya kepada mereka. 

Lalu kenapa Nabi Muhammad berperang?

Iya, perang yang dilakukan Nabi bukan dalam rangka teror. Perang yang dilakukan Nabi adalah perang di medan tempur. Tidak ngebom di perumahan dengan membabi-buta. Namun hanya dilakukan di medan tempur saja. Alasan yang melatarbelanginya pun amat masuk akal, yakni pembelaan diri lantaran kezaliman yang dialami umat Islam.

Sejak awal, Allah sudah mewahyukan kepada Nabi dengan ayat: 

مَا عَلَى الرَّسُولِ إِلَّا الْبَلَاغُ

Artinya: “Kewajiban Rasul tidak lain hanyalah menyampaikan (amanat Allah).” (QS Al-Maidah: 99) 

Jika Rasul yang benar-benar utusan Allah yang disucikan dari dosa dan mendapat mandat langsung dari Allah saja tugasnya hanya menyampaikan, maka tidak patut bagi kita untuk memaksakan kehendak atau pemahaman agama kita kepada orang lain. Terlebih bertindak radikal dengan menyebarkan teror ke mana-mana. Justru ini merugikan umat Islam sendiri. 

Hadirin,

Semoga Allah subhanahu wa ta’ala senantiasa membimbing kita dan keluarga kita untuk bisa memeluk Islam dengan aqidah atau keyakinan yang benar, Allah pertemukan kita kepada guru-guru agama yang benar-benar faham akan agama. Semoga Allah memberikan taufiq dan hidayahnya sehingga kita bisa mengikuti syari'at Baginda Nabi Agungn Muhammad shallallahu alaihi wa sallam yang pada nantinya kita bisa meninggal dalam keadaan husnul khâtimah, amin ya Rabbal alamin. 

بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ، وَجَعَلَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الْآيَاِت وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ. إِنَّهُ هُوَ البَرُّ التَّوَّابُ الرَّؤُوْفُ الرَّحِيْمُ. أعُوذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطانِ الرَّجِيْم، بسم الله الرحمن الرحيم، وَالْعَصْرِ (١) إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ (٢) إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ (٣)ـ ـ
وَقُلْ رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَأَنْتَ أَرْحَمُ الرّاحِمِيْنَ ـ 

Khutbah II

اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ إِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِي إلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا

أَمَّا بَعْدُ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوا اللهَ فِيْمَا أَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ بِقُدْسِهِ وَقَالَ تَعاَلَى إِنَّ اللهَ وَمَلآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ الْمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ اللَّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ أَبِى بَكْرٍ وَعُمَر وَعُثْمَان وَعَلِى وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ، اللهُمَّ أَعِزِّ اْلإِسْلاَمَ وَالْمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَالْمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ الْمُوَحِّدِيَّةَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ أَعْدَائَكَ أَعْدَاءَ الدِّيْنِ وَأَعْلِ كَلِمَاتِكَ إِلَى يَوْمَ الدِّيْنِ. اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتَنِ وَاْلمِحَنِ، مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ، عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خَآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ. عِبَادَاللهِ ! إِنَّ اللهَ يَأْمُرُنَا بِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَالْمُنْكَرِ وَاْلبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرْ

Dikutip dari : nu.or.id

Posting Komentar untuk "Khutbah Jum'at : Mengurangi Kekerasan dan Ekstrimisme Melalui Pendalaman Aqidah"

close