Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian dan Fungsi Pakaian Menurut Ajaran Islam

Pakaian menurut kamus besar bahasa Indonesia adalah barang apa yang dipakai (Baju, Celana dan sebagainya). Istilah pakaian kemudian dipersamakan dengan busana. 

Istilah busana berasal dari bahasa sansekerta yaitu bhusana  yang mempunyai konotasi pakaian yang bagus atau indah yaitu pakaian yang serasi, harmonis, selaras, enak dipandang, nyaman melihatnya, cocok dengan pemakai serta sesuai dengan kesempatan. Pakaian merupakan busana pokok yang digunakan untuk menutup bagian-bagian tubuh.

Fungsi Pakaian 

Diantara fungsi pakaian adalah sebagai berikut :

1. Penutup Aurat
Kata Aurat berasal dari kata 'ar yang berarti onar, aib, tercela. Keburukan yang dimaksud tidak harus dalam arti sesuatu pada dirinya buruk. Dalam konteks hukum agama, aurat dipahami sebagai anggota badan tertentu yang tidak boleh dilihat kecuali oleh orang-orang tertentu.

2. Perhiasan
Sebagian pakar menjelaskan bahwa sesuatu yang elok adalah yang menghasilkan kebebasan dan keserasian. Pakaian yang elok adalah yang memberi kebebasan kapada pemakianya untuk bergerak. Salah satu unsur mutlak keindahan adalah kebersihan.

3. Melindungi diri
Ditemukan dalam al Qur'an ayat yang menjelaskan fungsi pakaian, yakni fungsi pemeliharaan terhadap bencana dan dari sengatan panas dan dingin. QS an Nahl : 81 yaitu "Dan dia jadikan bagimu pakaian yang memeliharamu dari panas dan pakaian (baju besi) yang memelihara kamu dari peperangan".

4. Penunjuk Identitas 
Identitas atau kepribadian adalah sesuatu yang menggambarkan eksistensinya sekaligus membedakannya dari yang lain. "Rasulullah SAW melarang lelaki yang memakai pakaian perempuan dan perempuan yang memakai pakaian laki-laki". (HR. Abu Daud).

Semoga Bermanfaat

Posting Komentar untuk "Pengertian dan Fungsi Pakaian Menurut Ajaran Islam"

close