Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dalil - Dalil dalam Agama Islam Tentang Asmaul Husna

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering mendengar kata atau istilah Dalil, baik yang diucapkan oleh orang biasa maupun ulama'. Akan tetapi apakah kita tahu apa arti sebenarnya dalil itu sendiri???. dalam islam Dalil adalah keterangan atau bukti atau sesuatu yang menunjukkan kebenaran sesuatu yang lain.

Allah SWT berfirman di dalam Al Qur'an Surat Ali imran/3 : 190

اِنَّ فِىۡ خَلۡقِ السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ وَاخۡتِلَافِ الَّيۡلِ وَالنَّهَارِ لَاٰيٰتٍ لِّاُولِى الۡاَلۡبَابِ ۚۖ‏ ۱۹۰

Artinya : Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang yang berakal (QS. Ali Imran : 190)

Dibawah ini adalah Dalil - dalil tentang Asmaul Husna dalam agama islam :

a. Firman Allah SWT dalam QS. al A'raf/7 : 180

وَلِلّٰهِ الۡاَسۡمَآءُ الۡحُسۡنٰى فَادۡعُوۡهُ بِهَا وَذَرُوا الَّذِيۡنَ يُلۡحِدُوۡنَ فِىۡۤ اَسۡمَآٮِٕهٖ‌ ؕ سَيُجۡزَوۡنَ مَا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ‏ ۱۸۰ 

Artinya : Hanya milik Allah Asmaul Husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaul husna itu, dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan. (QS. al A'raf : 180)
 
b. Firman Allah SWT dalam QS. al Isra'/17 : 110

قُلِ ادۡعُوا اللّٰهَ اَوِ ادۡعُوا الرَّحۡمٰنَ‌ ؕ اَ يًّا مَّا تَدۡعُوۡا فَلَهُ الۡاَسۡمَآءُ الۡحُسۡنٰى ‌ۚ وَلَا تَجۡهَرۡ بِصَلَاتِكَ وَلَا تُخَافِتۡ بِهَا وَابۡتَغِ بَيۡنَ ذٰ لِكَ سَبِيۡلًا‏ ۱۱۰

Artinya : Katakanlah : "Serulah Allah atau serulah ar Rahman dengan nama yang mana saja kamu seru, Dia mempunyai asmaul husna (nama-nama yang terbaik) dan janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam shalatmu dan janganlah pula merendahkannya dan carilah jalan tengah diantara kedua itu" (QS. al Isra' : 110)

c. Firman Allah SWT dalam QS.Taha/20 : 8

اَللّٰهُ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ ‌ؕ لَـهُ الۡاَسۡمَآءُ الۡحُسۡنٰى‏ ۸

Artinya :Dialah Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, Dia mempunyai asmaul husna (nama-nama yang baik) (QS. Taha : 8)

d. Firman Allah SWT dalam QS. al Hasyr/59 : 24

هُوَ اللّٰهُ الۡخَـالِـقُ الۡبَارِئُ الۡمُصَوِّرُ‌ لَـهُ الۡاَسۡمَآءُ الۡحُسۡنٰى‌ؕ يُسَبِّحُ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ۚ وَهُوَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ

Artinya :Dialah Allah yang menciptakan, yang mengadakan, yang membentuk rupa, yang mempunyai asmaul husna. Bertasbihlah kepada-Nya apa yang di langit dan bumi dan Dialah yang maha perkasa lagi maha bijaksana (QS. al Hasyr : 24)

Demikian Dalil - dalil tentang asmaul husna dalam agama islam. semoga bermanfaat

Posting Komentar untuk "Dalil - Dalil dalam Agama Islam Tentang Asmaul Husna"

close