Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keutamaan Tiap 10 Hari di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat mulia, bulan yang didalamnya banyak sekali keutamaan yang diberikan oleh Allah SWT kepada hamba-Nya. Bulan Ramadhan dalam urutan kalender hijriyah atau kalender islam, bulan ramadhan adalah bulan kesembilan setelah bulan sya'ban. 

Ketika bulan Ramadhan seluruh Umat islam di seluruh penjuru dunia melaksanakan puasa, karena pada bulan itu seluruh umat islam memang diwajibkan oleh Allah SWT untuk berpuasa seperti yang dijelaskan oleh Allah SWT dalam QS. Al Baqarah ayat 183 :

يٰٓـاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا كُتِبَ عَلَيۡکُمُ الصِّيَامُ کَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيۡنَ مِنۡ قَبۡلِکُمۡ لَعَلَّكُمۡ تَتَّقُوۡنَۙ‏

Artinya : Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian untuk berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian, agar kalian bertaqwa (QS. Al Baqarah : 183).

Keutamaan bulan ramadhan yang suci ini terbagi menjadi 3 bagian. Masing-masing terbagi 10 hari, yaitu 10 hari awal, 10 hari pertengan dan 10 hari akhir. Hadits tentang pembagian hari pada bulan ramadhan ini sesuai dengan hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, bahwa Rasulullah SAW bersabda : 
Dari Hadits Rasulullah SAW di atas, maka dapat kita simpulkan bahwa pembagian Keutamaan Bulan Ramadhan terbagi menjadi 3 (Tiga) yaitu :

Keutamaan 10 Hari Pertama (Rahmat)

Pada 10 hari pertama di bulan ramadhan, Allah SWT banyak menurunkan rahmat dan kasih sayang serta banyak memberikan pahala kepada hamba-Nya dari berbagai amal ibadah yang dilakukan. maka Keutamaan Bulan Ramadhan pada Fase Pertama ini disebut dengan Fase bulan penuh rahmat.

Pada waktu 10 hari yang pertama adalah waktu yangsangat berat. karena pada waktu ini adalah masa peralihan pola kebiasaan, dari yang tiap hari makan secara normal ke puasa menahan makan minum dari terbit fajar sampai terbenam matahari. 

Keutamaan 10 Hari Kedua (Maghfiroh)

Dari hadits-hadits yang telah banyak dijelaskan Keutamaan 10 hari yang kedua merupakan hari yang penuh dengan Maghfiroh atau ampunan.

Dengan sudah terbiasanya kita dalam menjalankan ibadah wajib pada bulan ramadhan yaitu puasa, kita juga menjalankan amal ibadah yang lain diantaranya adalah tadaruus al Qur'an, Qiyamullail, berdzikir dan lain-lain.

Keutamaan 10 Hari Terakhir ('Itqun Minan Nar)

Disebutkn dalam Hadits bahwa keutamaan 10 hari terakhir pada bulan ramadhan adalah dibebaskannya dari api neraka ('Itqun Minan Naar).

Pada Masa-masa ini Rasulullah SAW lebih banyak beribadah dibandingkn hari-hari yang lain. Keseriusan ibadah ini tidak hanya terfokus pada satu ibadah tetapi juga ibadah yang lain. Seperti Berdzikir, Tilawah Qur'an, dan ibadah - ibadah yang lainnya.

Posting Komentar untuk "Keutamaan Tiap 10 Hari di Bulan Ramadhan"

close