Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ruang Lingkup Pembahasan Ilmu Falak dalam Islam

Ilmu Falak yang sering disebut dengan ilmu hisab pada garis besarnya ada dua macam, yaitu Ilmiy dan 'amaly.

Ilmu Falak 'Ilmy

Adalah ilmu yang membahas teori dan konsep benda-benda langit, misalnya dari segi asal mula kejadiannya (cosmogoni), bentuk dan tata himpunannya (cosmologi), jumlah anggotanya (cosmografi), ukuran dan jaraknya (astrometrik), gerak dan daya tariknya (astromekanik), dan kandungan unsur-unsurnya (astrofisika), ilmu falak yang demikian ini disebut dengan Theoritical Astronomy.

Ilmu Falak 'Amaly

Adalah ilmu yang melakukan perhitungan untuk mengetahui posisi dan kedudukan benda-benda langit antara satu dengan yang lainnya. Ilmu Falak ini disebut dengan Practical Astronomy. Ilmu Falak 'amaly inilah yang oleh masyarakat umum dikenal dengan istilah Ilmu Falak atau Ilmu Hisab.

Bahasan Ilmu Falak yang dipelajari dalam islam adalah yang ada kaitannya dengan pelaksanaan ibadah, sehingga pada umumnya ilmu falak ini mempelajari 4 bidang yaitu
1. Arah kiblat dan bayangan arah kiblat
2. Waktu-waktu shalat
3. Awal bulan
4. Gerhana

Pembahasan 4 Bidang Ilmu Falak 'Amaly

1. Ilmu Falak membahas arah kiblat pada dasarnya adalah menghitung besaran sudut yang diapit oleh garis meridian yang melewati suatu tempat yang dihitung arah kiblatnya dengan lingkaran besar yang melewati tempat yang bersangkutan dengan ka'bah, serta menghitung jam berapa matahari itu memotong jalur menuju ka'bah.

2. Ilmu falak membahas waktu - waktu shalat pada dasarnya adalah menghitung tenggang waktu ketika matahari berada di titik kulminasi atas dengan waktu ketika matahari berkedudukan pada awal waktu - waktu shalat.

3. Pembahasan awal  bulan dalam ilmu falak adalah menghitung waktu terjadinya ijtima' (konjungsi), yakni posisi matahari dan bulan berada pada satu bujur astronomi, serta menghitung posisi bulan ketika matahari terbenam pada hari terjadinya konjungsi itu.

4. Sementara yang dibahas dalam Gerhana adalah menghitung waktu terjadinya kontak antara matahari dan bulan yakni kapan bulan mulai menutupi matahari dan lepas darinya pada gerhana matahari, serta kapan pula bulan mulai masuk pada umbra bayangan bumi serta keluar darinya pada gerhana bulan.

Semoga bermanfaat

2 komentar untuk "Ruang Lingkup Pembahasan Ilmu Falak dalam Islam"

close