Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Shalat Sunnat Taubat

Shalat sunnat taubat adalah shalat yang disunnahkan. Shalat ini dilakukan setelah seseorang melakukan dosa atau merasa berbuat dosa, lalu bertaubat kepada Allah SWT.

Berbuat dari sesuatu dosa artinya menyesal atas perbuatan yang telah dilakukannya, dan berniat tidak akan melakukannya lagi disertai permohonan ampunan kepada Allah SWT.

Lafadz Niat Shalat Taubat :

أصلي سنة التوبة ركعتين لله تعالي

Artinya : Aku niat shalat sunnat taubat dua rakaat karena Allah ta'ala.

Shalat sunnat Taubat ini dianjurkan oleh Rasulullah SAW sebagaimana sabdanya yang diriwayatkan oleh Imam Abu Daud, An Nasa'i, Ibnu Majah dan Al Baihaqy yang artinya : "Setiap Orang yang pernah berbuat dosa, kemudian segera bergerak dan beerwudlu' kemudian shalat lalu memohon ampunan dari Allah SWT pasti Allah SWT akan mmberikan ampunan baginya setlah itu dibacanya surat ini : 
Mereka yang pernah mengerjakan kejahatan atau telah berbuat dosa kepada irinya sendiri lalu mereka segera ingat kepada Allah SWT terus memohon ampunan atas dosanya. siapa pula yang akan mngampuni segala dosa kalau bukan Allah SWT, sesudah itu mereka insyaf dan sadar tidak akan mengulanginya lagi perbuatan dosa yang sudah maka mereka itu akan diganjar dengan suatu pengampunan dari Allah SWT dan akan diberi pahala dengan surga. dimana di bawahnya mengalir air sungai, dan disitulah mereka kekal abadi".

a. Jumlah rakaatnya 2, 4 sampai 6 rakaat.
b. Do'anya

 أَسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ الَّذِى لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الحَيُّ القَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ تَوْبَةَ عَبْدٍ ظَالِمٍ لاَ يَمْلِكُ لِنَفْسِهِ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ تَوْبَةَ عَبْدٍ ظَالِمٍ لاَ يَمْلِكُ لِنَفْسِهِ ضَرًّا وَلاَ نَفْعًا وَلاَ مَوْتًا وَلاَ حَيَاةً وَلاَ نُشُوْرًا

Artinya : Saya memohon ampunan kepada Allah Yang Maha Agung, saya bersaksi bahwa tidak ada Tuhan melainkan Allah, Tuhan yang senantiasa hidup dan mengawasi, saya memohon taubat kepada-Nya sebagaimana taubatnya hamba yang dholim yang berdosa tidak memiliki daya upaya untuk berbuat mudharat atau manfaat untuk mati atau hidup maupun bangkit nanti.

c. Sangat baik sekali membaca istighfar

Demikian tata cara shalat sunnat taubat, Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Shalat Sunnat Taubat "

close