Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menyimak Cara Rasulullah SAW Menjaga Kesehatan Diri

Mungkin dalam hati kita masih bertanya - tanya kepada diri kita bagaimanakah cara Rasulullah SAW menjaga diri beliau. Karena kalau kita membaca sejarah kebudayaan islam lebih - lebih tentang kehidupan pribadi beliau tercatat bahwa Rasulullah SAW hanya dua kali mengalami sakit.

cara rasulullah saw menjaga kessehatan diriPertama pada waktu Rasulullah SAW diracun oleh Zainab binti Al Harits, sedangkan yang kedua ketika menjelang wafat beliau. Selain ini Rasulullah SAW selalu sehat dan bugar.

Dari cerita diatas maka kita dapat menyimpulkan bahwa Rasulullah SAW adalah manusia yang selalu menjaga dan memperhatikan kesehatan diri dengan sangat baik.

Walaupun perkembangan ilmu kedokteran (Medis) zaman Rasulullah SAW belum secanggih zaman sekarang, Namun Rasulullah SAW mampu menjaga diri beliau dengan sangat baik. Bagaimanakah cara Rasulullah SAW menjaga kesehatan diri beliau sehingga beliau terhindar dari segala macam penyakit.

Setidaknya ada dua hal yang selalu dilakukan oleh Rasulullah SAW untuk menjaga kesehatan diri beliua, diantaranya adalah :

Pertama, Menjaga kebersihan diri dan sanitasi publik. Rasulullah SAW sering menyeru kepada umat-Nya untuk menjaga kebersihan diri. Hal ini terlihat dari banyaknya hadits beliau yang berkaitan dengan kebersihan diri.

Rasulullah SAW sadar betul bahwa sumber dari kesehatan adalah kebersihan. Beliau selalu membiasakan hidup bersih seperti :
1. Mencuci tangan sebelum dan setelah makan
2. Memotong kuku tangan dan kaki
3. Mandi
4. Cebok setelah buang air besar dan kecil
5. Membersihkan gigi serta bersiwak dan lain - lain

Kedua, Mengkonsumsi makan yang sehat, bersih dan yang tidak kalah penting adalah bergizi. Rasulullah SAW mengetahui kandungan nutrisi serta kualitas yang terkandung di dalam makanan, maka tidak heran jika Rasulullah SAW menganjurkan kepada umat-Nya untuk makan makanan tertentu serta sebaliknya melarang umat-Nya untuk makan makanan tertentu.

Rasulullah SAW tidak hanya makan satu makanan tertentu, tetapi beliau makan bermagai macam makanan seperti buah - buahan yaitu kurma, melon, labu, ara dan lain sebagainya. Beliau juga makan berbagai makanan seperti susu murni, madu, minyak zaitun, daging segar, telur, sayuran segar dan lain sebagainya.

Selain mengajarkan macam-macam makanan yang bergizi beliau juga mengajarkan adab dan cara makan agar hidup selalu sehat. Seperti makan dengan tangan kanan, mengambil makan yang lebih dekat, tidak meniup makanan panas dan lain sebagainya.

Rasulullah SAW tidak hanya menjaga kesehatan serta makan makanan yang bergizi tetapi juga mengajarkan kepada umat-Nya untuk gemar berolah raga untuk menjaga kesehatan diri. Salah satu olah raga yang sering dilakukan oleh Rasulullah SAW adalah berjalan kaki dan berlari.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Menyimak Cara Rasulullah SAW Menjaga Kesehatan Diri "

close