Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fadlilah dan Keistimewaan Asmaul Husna Dalam Islam

Di dalam hadits Nabi Muhammad SAW banyak yang mengemukakan tentang fadlilah - fadhilah (keistimewaan - keistimewaan) dari Asmaul Husna. Dalam hadits - hadits tersebut mengemukakan dengan tegas bahwa apabila kita berdoa dengan Asmaul Husna kepada Allah SWT maka Allah SWT akan mengabulkannya. 

Dan apabila kita memohon dengannya pasti akan diberi oleh-Nya. Selain itu apabila kita menghafalnya dan melaksanakannya dalam kehidupan kita maka Allah SWT akan memasukkan kita ke dalm surga-Nya. Amiiin.

Diantara hadits - hadits Rasulullah SAW yang membahas tentang fadhilah dan keistimewaan Asmaul Husna adalah sbagai berikut :

عَنْ بُرَيْدَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : سَمَعَ النَّبِيُّ ص م رَجُلاً يَدْعُو وَهُوَ يَقُوْلُ : اللهـــمَّ اِنَّى اَسْئَلُكَ بِاِنِّى اَشْهَدُ اَنَّكَ اَنْتَ الله لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ الاَحَدُ الصَّمَدُ الَّذِى لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُوْلَدُ وَلَمْ يَكُنْ لَــــهُ كُفُوًا اَحَدُ قَـــــالَ فَقَالَ وَالّذِى نَفْسِى بِيَدِهِ لَقَدْ سَاَلَ الله بِاِسْمِهِ الاَعْظَـــمِ الَّذِى اِذَا دُعِيَ بِهِ اَخَابَ وَاِذَا سُئِلَ بِهِ اَعْـــطَى  

Artinya : Dari sahabat Buraidah ra, katanya : Rasulullah SAW mendengar seorang laki-laki berdoa demikian. "Ya Allah SWT aku mohon kepada-Mu dengan sesungguhnya aku bersaksi bahwa engkaulah tuhan Allah SWT yang tiada tuhan melainkan hanya engkaulah yang maha esa. yang dimohoni yang tiada anak serta tidak diperanakkan dan tiada satupun yang menyamai-Nya". Sahabat buraidah berkata lagi : Setelah Rasulullah SAW mendengar doa tadi maka beliau bersabda : "Demi Dzat yang diriku dalam kekuasaan-Nya lelaki itu telah benar-benar memohon kepada Allah SWT dengan menyebut nama-nama Allah SWT yang agung Dzat yang pasti akan mengabulkan apabila berdoa dengan-Nya dan pasti memberi apabila memohon kepada-Nya".

Sabda Rasulullah SAW dalam sebuah hadits lain menyebutkan :

عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ اَنَّ رَسُوْلُ الله ص م قَالَــــ : اِنَّ لِله تِسْعَةً وَتِسْعِيْنَ اِسْـــمًا مِئَةً اِلاَّ وَاحِدَةَ مَنْ اَحْصَـــــــاهَا دَخَلَ الْجَنّــــــــةَ 

Artinya : Dari Abi Hurairah ra bahwasanya Rasulullah SAW bersabda bahwa sanya Allah SWT mempunyai 99 nama, yakni seratus kurang satu. Siapa yang menghafalkannya akan masuk surga (HR. Imam Bukhari).

Posting Komentar untuk "Fadlilah dan Keistimewaan Asmaul Husna Dalam Islam"

close