Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perangkat Pembelajaran, Fungsi dan Apa Saja Macamnya

Perangkat Pembelajaran adalah seperangkat media yang digunakan oleh Guru untuk mengatur serta mengorganisir sebuah pembelajaran baik dikelas maupun di sekolah.

Perangkat Pembelajaran, Fungsi dan Apa Saja Macamnya
Ada juga juga yang mengartikan Perangkat pembelajaran adalah sebuah bahan, alat, media, petunjuk serta pedoman yang digunakan dalam proses sebuah pembelajaran.

Dengan demikian Perangkat pembelajaran adalah sesuatu yang harus dan wajib dimiliki oleh seorang guru baik dari jenjang pra sekolah maupun jenjang yang lebih tinggi.

Fungsi Perangkat Pembelajaran


Diantara fungsi dari perangkat pembelajaran adalah :

1. Menjadi pedoman dan petunjuk bagi guru dalam melaksanakan proses dan kegiatan pembelajaran
2. Menjadi sarana untuk meningkatkan kinerja serta profesionalitas guru
3. Menjadi media atau alat pengukur keberhasilan pembelajaran
4. Menjadi sarana guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas

Macam - macam perangkat pembelajaran


Macam - macam perangkat pembelajaran yang harus dipersiapkan oleh guru adalah :


1. Kalender Pendidikan

Kalender Pendidikan merupakan kalender yang digunakan oleh guru dalam menyusun program pembelajarannya. Didalam Kalender Pendidikan ini yang dipakai adalah kalender masehi.

Dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah maupun di madrasah kalender pendidikan di mulai pada bulan juli sampai bulan juni dan dibagi menjadi 2 semester yaitu semester ganjil dan genap.

Didalam kalender pendidikan itu juga memuat keterangan tanggal libur dan juga kegiatannya.

2. Rincian Minggu Efektif

Rincian Minggu efektif adalah perangkat yang digunakan oleh guru untuk merencanakan kegiatan pembelajaran di kelas selama dua semester.

Dari kalender pendidikan maka bisa diketahui dan kita bisa menganalisis berapa jumlah minggu efektif supaya program pembelejaran tepat sesuai dengan rencana pembelajaran.

3. Jadwal Mengajar dan Jadwal Pelajaran

Jadwal mengajar diberikan oleh wakil kepala sekolah atau madrasah kepada guru. Jadwal mengajar ini sangat penting karena berhubungan dengan penghitungan minggu efektif pembelajaran. Sedangkan jadwal pelajaran juga disiapkan agar guru bisa membandingkan apakah benar dan sesuai jadwal mengajarnya.

4. Silabus

Silabus merupakan rencana pembelajaran pada kelompok mata pelajaran atau tema tertentu yang mencakup standart kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok atau pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian, penilaian, alokasi waktu dan sumber belajar.

5. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

RPP adalah rencana pelaksanaan pembelajaran, yaitu rencana seorang guru dalam mengajar darimenit pertama sampai menit terakhir. Sehingga RPP ini dibuat dengan sistematis dan terstruktur serta berurutan.

6. Program Tahunan (Prota)

Prota adalah Program kegiatan yang disusun oleh guru dengan melihat kalender pendidikan dan silabusnya. Didalam Prota ini terdapat KI (Kompetensi Inti) dan KD (Kompetensi dasar) serta alokasi waktu yang diambilkan dari silabus.

7. Program Semester (Promes)

Promes ini adalah penjabaran dari prota, Kalau prota memuat program dalam jangka waktu 1 tahun maka promes ini memuat program pembelajaran dalam waktu satu semester.

Promes dibuat dalam bentuk kolom tentang nomor, tema atau kompetensi dasar, jumlah jam, nama bulan dan pekannya.

Dalam promes ini terdapat identitas seperti nama sekolah, kelas, semester dan tahun pelajaran.

8. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)

KKM adalah kriteria ketuntasan minimal yaitu kriteria ketuntasan yang menjadi ambang batas ketuntasan yang harus dituntaskan oleh peserta didik.

Jika peserta didik tidak tuntas maka harus diremedial dan jika peserta didik dinyatakan tuntas maka harus dilakukan pengayaan.

9. Daftar Penilaian Pembelajaran

Tugas seorang pendidik yang lain adalah menilai. Karena salah satu tugasnya adalah menilai maka seorang pendidik harus mempersiapkan lembar-lembar penilaian. Diantara macam - macam lembar penilaian adalah :
1. Penilaian harian
2. Penilaian tugas
3. Penilaiana akhir semester ganjil
4. Penilaian akhir semester genap
5. Penilaian tersebut mencakup penilaian afektif, psikomotorik dan kognitif.

Terima kasih

Posting Komentar untuk "Perangkat Pembelajaran, Fungsi dan Apa Saja Macamnya"

close