Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Syarat Sah Wudlu dalam Islam

Wudlu adalah bersuci sebelum melaksanakan ibadah sholat. Bagi seorang muslim yang akan melaksanakan ibadah sholat maka Ia wajib (Harus) berwudlu dulu. 

Tanpa Berwudlu maka sholatnya tidak sah.Tetapi sebelum berwudlu ada beberapa syarat yang harus dilakukan oleh seorang muslim sehingga wudlunya menjadi sah. 

Diantara syarat sah wudlu dalam islam adalah sebagai berikut :

1. Islam

Syarat sah wudlu adalah islam. Maka tidak sah wudlunya orang kafir atau orang yang murtad.

2. Tamyiz

Arti dari tamyiz adalah seseorang yang memahami dari percakapan atau bisa makan sendiri, minum sendiri dan buang hajat sendiri atau bisa juga dimaknai bisa membedakan kiri dan kanan atau bisa membedakan kambing dan sapi.

3. Bersih dari Haid dan Nifas

Haid adalah darah yang keluar pada waktu tertentu bagi setiap waniata yang sudah dewasa. Sedangkan nifas adalah darah yang keluar setelah melahirkan.

4. Tidak adanya sesuatu yang mencegah sampainya air ke kulit anggota wudlu

Yaitu bersihnya kulit anggota wudlu dari seperti cat atau kotoran lain yang menempel di kulit sehingga air tidak bisa masuk.

5. Tidak ada sesuatupun di anggota wudlu yang bisa merubah air.

Yaitu bersihnya anggota tubuh yang bisa merubah air seperti tinta dan lain - lain.

6. Mengetahui kefardhuan atau kewajiban wudlu 

Seseorang yang berwudlu harus mengetahui bahwasanya hukum dari berwudlu adalah wajib. Jika seseorang meyakini bahwa wudlu adalah sunnah, maka sudlunya tidak sah.

7. Memakai air yang suci dan mensucikan

Air yang digunakan harus air yang suci dan bersih dan juga bisa digunakan untuk bersuci. Juga bukan air mustakmal yaitu air yang sudah digunakan untuk bersuci.

Terima Kasih

Posting Komentar untuk "Syarat Sah Wudlu dalam Islam"

close