Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makna Ziarah Kubur, Tata Cara dan Hikmahnya

Sebagai umat islam, tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah ziarah kubur. Karena telah menjadi sebuah tradisi yang telah lama mengakar erat dalam budaya masyarakat muslim di Indonesia.
 
makna-ziarah-kubur-tata-cara-dan-hikmahnya
Biasanya tradisi ini dilaksanakan seminggu sekali yaitu pada Malam atau Hari jumat. Bahkan bisa di lakukan setiap hari seperti yang terjadi pada makam - makam tertentu seperti makam para wali atau makam orang yang sangat dihormati.

Melakukan ziarah kubur juga biasanya dilakukan pada saat momen - momen tertentu seperti sebelum datangnya bulan Ramadlan atau menjelang datangnya hari raya Idul Fitri.

Makna Ziarah Kubur

Ziarah kubur terdiri dari dua kata yaitu Ziarah dan kubur. Secara umum arti ziarah adalah menengok, da kubur adalah tempat dimana orang yang sudah meninggal di makamkan. Jadi Ziarah kubur adalah menengok atau mengunjungi makam atau kuburan orang yang sudah meninggal untuk memohonkan ampunan bagi si mayyit. 

Hukum ziarah kubur adalah sunnah. Dengan tujuan agar selain kita bisa mendoakan si mayyit ini juga bisa menjadi I'tibar atau pelajaran bagi kita agar mengingat tentang kematian, mengingat akan alam akhirat dimana segala amal perbuatan kita semasa hidup akan dimintai pertanggung jawaban di hadapan Allah SWT.

Tata Cara Ziarah Kubur

Berikut beberapa tata cara atau adab kita saat ziarah kubur :
1. Diutamakan berwudlu terlebih dahulu
2. Mengucapkan salam kepada ahli kubur
3. Memanjatkan Do'a kepada Allah SWT untuk ahli kubur
4. Membaca ayat - ayat al Quran
5. Jangan menginjak bagian atas makam atau kuburan
6. Jangan bertindak dengan berlebihan

Hikmah Ziarah Kubur

Diantara hikmah kita berziarah kubur adalah :

1. Mengingatkan kita akan alam akhirat

Kelak manusia yang telah mati akan dibangkitkan oleh Allah SWT ketika di alam akhirat untuk menerima keadilan dan juga balasan terhadap segala perbuatan yang telah dilakukan ketika dia masih hidup.

2. Untuk dapat berzuhud terhadapa dunia

Zuhud artinya meninggalkan dunia untuk berbakti kepada Allah SWT. (Jangan sampai hati serta pikirannya terpikat dengan tipu daya dunia, tetapi justru bisa menggunakan dan memanfaatkan harta dunia yang diperolehnya untuk kepentingan amal - amal sholeh yang diridloi oleh Allah SWT).

3. Mengambil suri tauladan

Kematian datangnya tiba-tiba tanpa kita ketahui, Dengan mengambil ibrah atau pelajaran dari ziarah kubur maka kita akan selalu ingat dan waspada sewaktu-waktu Allah SWT mengambil nyawa kita.

Terima Kasih. Semoga bermanfaat

1 komentar untuk "Makna Ziarah Kubur, Tata Cara dan Hikmahnya"

  1. pas buat ramadhan ni yang suka nyanyi nyanyi atau mau belajar karaoke lagu religi
    bisa buka disini: karaoke lagu islami

    selain video karaoke disitu juga ada video lirik + terjemah buat belajar sebelum nyanyi karaoke.

    BalasHapus
close