Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Arti Thaharah (Bersuci) dalam Islam

Arti Thaharah menurut bahasa adalah bersih, sedangkan menurut istilah syara' arti thaharah adalah bersuci yang berarti bersuci dari hadats dan juga najis.
Mengenal Arti Thaharah (Bersuci) dalam Islam


Hadats ada dua macam yaitu hadat besar dan hadats kecil. Cara menghilangkan pun juga berbeda kalau hadats kecil cara menghilangkannya dengan berwudlu atau tayammum, sedangkan cara menghilangkan hadats besar adalah dengan manadi atau tayammum.


Untuk menghilangkan Najis yaitu dengan cara mencucinya menggunakan air yang dapat mensucikan. adapun air dapat dibagi menjadi 4 jenis yaitu :


1. Air suci dan dapat mensucikan

Air suci dan dapat mensucikan dapat diminum dan juga sah digunakan untuk bersuci. Air ini ada 7 macam diantaranya adalah : 

a. Air sumur

b. Air Sungai

c. Air dari mata air

d. Air hujan

e. Air laut

f. Air embun

g. Air salju atau Es


2. Air suci tapi tidak dapat mensucikan

Air jenis ini suci zat nya tetapi tidak sah digunakan untuk bersuci contohnya : air teh, air kopi, air susu dan air kelapa serta air tebu.


3. Air yang makruh

Air jenis ini suci zatnya tetapi makruh untuk digunakan bersuci contohnya air yang terdapat dalam drum yang dipanaskan dengan matahari.


4. Air Mutanajis

Air mutanajis artinya adalah air yang bernajis. Tadinya air itu suci tetapi terkena najis dan berubah salah satu sifatnya misalnya berubah warna, bau atau rasanya. Air seperti ini tidak boleh diminum dan tidak sah digunakan untuk bersuci.


Terima kasih



Posting Komentar untuk "Mengenal Arti Thaharah (Bersuci) dalam Islam"

close