Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Shalawat Ghazali dan Khasiatnya

 Bacaan Shalawat Ghazali adalah sebagai berikut :

بسم الله الرحمن الرحيم اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلىَ اَلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلاَةً دَائِمَـــــةً مُسْتَمِرَّةٌ تَدُوْمُ بِدَوَامِكَ وَتَبْقَى بِبَقَـــائِكَ وَتَخْلُدُ بِخُلُوْدِكَ وَلاَغَايَــــة َلَهَا دُوْنَ مَرْضَـــاتِكَ وَلاَجَزَاءَ لِقَائِلِهَا وَمُصَلِّيْــــهَا غَيْرَ جَنَّتِكَ وَالنَّظْرِ اِلىَ وَجْهِكَ اْلكَرِيْمِ 

Artinya : Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih dan penyayang. Ya Allah limpahkan lah rahmat pada junjungan kami Nabi Muhammad saw dan kepala keluarga junjungan kami Nabi Muhammad saw rahmat yang kekal dan terus menerus. ia kekal karena kekekalan-Mu. ia tetap karena ketetapanmu. Ia langgeng karena kelanggenganmu Tidak ada ujung baginya tanpa keridhaan-Mu. Tidak ada balasan bagi pembacanya dan yang memintakan rahmat selain surga-Mu dan melihat kepada wajah-Mu yang maha mulia.

Khasiat dari Shalawat Ghazali adalah :

a. Di saat pikiran dan hati kita sering gelisah, resah dan bingung dan supaya hati dan pikiran menjadi tentram, terang dan jernih sehingga menjadi cerdas maka sebaiknya shalawat Ghazali ini dibaca sebanyak 113 kaliselama tujuh hari. Ketika hari pertama sampai hari keenam membaca shalawat ini sebanyak 16 kali dan di hari ketujuh membaca shalawat ini sebanyak 17 kali.


b. Dapat juga untuk mendatangkan dan menghasilkan hajat yang besar akan tercapai. Jika kita mempunyai hajat yang besar misalnya, agar dapat dengan segera melunasi hutang kita, maka bacalah shalawat ghazali ini sebanyak 77 kali. sebelumnya kerjakanlah shalat sunnat hajat empat rakaat pada sekitar jam 24.00 (12 malam) dengan dua salam. Pada rakaat pertama setelah membaca al fatihah bacalah surat al Ikhlas sebanyak 10 kali, dan rakaat kedua 20 kali.

Untuk dua rakaat kedua. Rakaat pertama setelah membaca al Fatihah bacalah surat al Ikhlas sebanyak 30 kali, dan rakaat kedua membacanya 40 kali. Jadi secara keseluruhan kita telah membaca surat al Ikhlas sebanyak 100 kali.

Selesai salam yang kedua duduklah dengan tenang dan bacalah istighfar sebanyak 100 kali. Kemudian membaca al Fatihah yang dihadiahkan kepada para leluhur kita yaitu :

الى حضرة النبي المصطفى صلى الله عليــــه وسلم واله وازواجـــه واولاده ودريتـــه الفــــــاتحـــة ....
الى حضرة نبي الله يوسوف عليـــه الســـلام  الفـــاتحــة ....
ثم الى حضرة اخواته من الانبيـــاء والمرسلين والاوليـــاء  والشهداء والصالحين والصحابة والتابعين والعلمـــاء العاملين والمصنفين المخلصين وجميع الملائــــكة المقربين خصوصا الى حضرة روح الشيخ عبد القدير الجيلان الفــــاتحة .....
ثنم الى حضرة جميع اهل القبور من المسلمين والمسلمــــات والمؤمنين والمؤمنات من مشارق الارض ومغاربهـــا برها وبحرها خصوصا اباءنا وامهــاتنا واجداتنا ومشايخنا ومشايخ مشايخنا واساتدة اساتدتنا ولمن اجتمعنا ههنا بسببه الفــــاتحة .... 


Artinya : Kepada Yang terhormat Nabi terpilih (Nabi Muhammad saw), dan keluarganya, para isterinya, anak - anaknya dan semua cucu-cucunya. Al Fatihah.....

Kepada Yang terhormat Nabiyullah Yusuf alaihissalam. Al Fatihah .....

Kepada yang terhormat para handai taulannyadari pada Nabi dan Utusan, para wali, dan para pahlawan dan orang -orang yang shalih, para sahabat dan para tabi'in (pengikut), Para ulama' yang mengamalkan ilmunya para pengarang yang ikhlas dan kepada semua para malaikat yang selalu taqarrub (mendekatkan diri kepada Allah swt) dan khusus yang terhormat atau teruntuk ruh Syeh abdul qadir al Jailani. Al fatihah ..........

Kepada yang terhormat semua ahli kubur dari kaum muslimin laiki-laki dan perempuan kepada kaum mukminin laiki-laki dan perempuan dari timur dan barat, baik yang di darat maupun yang di laut. Khususnya para bapak dan para ibu kami. Para kakek/nenek kami laki-laki maupun perempuan. Para guru besar kami dan para guru besar mereka para guru nya guru kami dan kepada orang yang menyebabkan kami semua berkumpul disini. Al Fatihah .......

Setelah itu membaca shalawat Ghazali sebanyak 77 kali dan membaca do'a seperti di bawah ini :

اللهم انا نسئلك رضاك والجنة ونعودبك من سخطك والنار ربنا اتنا فى الدنيا حسنة وفى الاخرة حسنة وقنا عداب النــــار   




Artinya : Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi penyayang. Ya Allah sesungguhnya kami memohon keridhaan surga-Mu. Kami berlindung kepada-Mu dari murkamu dan api neraka. Wahai Tuhan kami, karuniailah kami kebajikan (kebaikan) di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa api neraka.

Mohonlah pertolongan sesuai dengan keinginan anda, lalu ditutup dengan doa.

Ya Allah dengan perantara bacaan doa shalawat ghazali yang telah saya baca tadi saya memohon pertolongan-Mu untuk dapatnya dengan segera melunasi hutang-hutang yang menjadi tanggungan saya dan saya memohon barokahnya di dunia dan akhirat.

c. Apabila menginginkan mendapatkan derajat yang tinggi sesuai pandangan Allah swt, ingin segala usaha dan rizkinya berhasil, maka bacalah shalawat Ghazali dengan pengamalan seperti tersebut di atas.

Semoga bermanfaat, Amiiin ya rabbal 'alamiiin .................

8 komentar untuk "Shalawat Ghazali dan Khasiatnya"

  1. Saya tertarik sekali dengan artikel bapak. Saya ingin mencobanya namun jika boleh bertanya sudahkah amalan in diijazahkan kepada orang-orang yang akan mengamalkannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum pak................... makasih da mampir

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. Semoga saya di izinkan untuk amalan ini, Syukron katsiran

    BalasHapus
  5. Apakah ustadz bisa ijazahkan amalan shalawat ini?

    BalasHapus
close