Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Shalat Sunnat Witir dan Doanya

Sholat witir adalah sholat sunnah yang dikerjakan setelah sholat isya sampai menjelang subuh dengan rakaat yang ganjil. Sholat ini dikerjakan untuk mengganjili sholat-sholat yang genap pada akhir malam. Karena rakaatnya yang ganjil sholat witir dikerjakan sebagai akhir dari sholat yang rakaatnya genap.

Dalam mengerjakan shalat witir, boleh dilaksanakan dua rakaat-dua rakaat sesudah itu diakhiri dengan satu rakaat, kemudian masing-masing satu tasyahud dan satu kali salam. Boleh pula dikerjakan keseluruhan rakaat sekaligus dengan satu kali salam. 

Untuk niat shalat Witir adalah sebagai berikut : 



Untuk tiga rakaat atau lebih dengan sekali salam ini, boleh dengan dua tasyahud sekali salam, boleh juga hanya dengan satu tasyahud pada rakaat terakhir, sebagaimana hadits dari Ummu Salamah radhiyallahu ‘anha:

 كَانَرَسُولُاللَّهِصَلَّىاللَّهُعَلَيْهِوَسَلَّمَيُوتِرُبِسَبْعٍأَوْبِخَمْسٍلَايَفْصِلُبَيْنَهُنَّبِتَسْلِيمٍ 

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berwitir tujuh atau lima rakaat secara bersambung dan tidak dipisahkan dengan salam (HR. An Nasa’i, Ibnu Majah dan Ahmad) 



Artinya: “Wahai Allah. Sesungguhnya kami memohon kepada-Mu iman yang tetap, kami memohon kepada-Mu hati yang khusyu’, kami memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, kami memohon kepada-Mu keyakinan yang benar, kami memohon kepada-Mu amal yang shaleh, kami memohon kepada-Mu agama yang lurus, kami memohon kepada-Mu kebaikan yang banyak, kami memohon kepada-Mu ampunan dan afiat, kami memohon kepada-Mu kesehatan yang sempurna, kami memohon kepada-Mu syukur atas kesehatan, dan kami memohon kepada-Mu terkaya dari semua manusia.” 

“Wahai Allah, Tuhan kami. Terimalah dari kami shalat kami, puasa kami, shalat malam kami, kekhusyu’an kami, kerendahan hati kami, ibadah kami. Sempurnakanlah kelalaian atau kekurangan kami, 

Wahai Allah Wahai Allah Wahai Allah Wahai Dzat yang Paling Penyayang diantara para penyayang. Semoga rahmat Allah tercurahkan kepada sebaik-baiknya makhluk-Nya, Muhammad, keluarga dan sahabatnya semua, dan segala puji milik Allah, Tuhan semesta alam.” Niat sholat witir, doa sholat witir, tata cara sholat witir, waktu sholat witir, doa setelah sholat witir, doa sholat witir bahasa arab, doa sholat witir latin, keutamaan sholat witir, manfaat sholat witir, dll.

Posting Komentar untuk "Shalat Sunnat Witir dan Doanya"

close