Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Surat Al Fatihah dan Khasiatnya 1

Surat Al Fatihah diturunkan di Mekkah, sehingga ia termasuk golongan surat Makkiyah. Terdiri dari 7 ayat dan termasuk surat yang pertama kali diturunkan secara lengkap diantara surat-surat Al Quran yang lain.

Surat ini dinamakan surat Al Fatihah (Pembukaan) karena merupakan surat yang menjadi pembuka al Qur'an dengan kata lain dengan surat inilah dimulai dan dibukanya al Qur'an.

Ada beberapa hadits yang menerangkan keutamaan dan faedah surat Al Fatihah, diantaranya adalah sabda Rasulullah SAW :

فَاتحَة الكتــــــاب شفاء من السم

Artinya : Surat al Fatihah adalah obat bagi segala macam racun (HR. Said bin Mansyur al Baihaqy).
Hadits lain juga Mengatakan :
فَاتحَة الكتــــــاب شفاء من كل داء
Artinya : Surat Al Fatihah itu merupakan penyembuh dari segala macam penyakit. (HR. Baihaqy dari Abdul Malik bin Umar).

Surat Al Fatihah mempunyai banyak sekali Khasiat, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Agar Selamat dari sesuatu yang membahayakan

Apabila dibaca sekali dengan ditambah dengan surat al ikhlas dan surat al Mu'awwadzatain ketika akan tidur. Maka akan dijaga dari sesuatu yang membahayakan (tidak diinginkan) kecuali bila datang ajalnya (mati).

2. Untuk keberhasilan dalam segala hal

Apabila dibaca 41 kali sesudah shalat qabliyah subuh dan sebelum shalat subuh secar langgeng (mundawwamah) andaikan orang tersebut ingin pangkat dunia insyaAllah ia berhasil, jika fakir dapat menjadi kaya, jika punya hutang maka akan bisa membayar, bila sakit maka akan segera sembuh, bila lemah akan menjadi kuat, yang sedang mengembara maka akan menjadi mulia, ditakuti musuh dan dikasihi semua orang baik pria maupun wanita, semua ucapannya akan dipatuhi oleh masyarakat dan diselamatkan dari marabahaya.


3. Untuk kebaikan dunia dan akhirat

Apabila dibaca 21 kali sesudah shalat fardlu insyaAllah diberi kebaikan yang banyak dan dihilangkan kesusahannya baik urusan dunia maupun akhirat.

4. Agar dimudahkan rezekinya

Apabila dibaca 20 kali setiap habis shalat fardlu secara terus menerus maka orang yang membacanya tersebut dimudahkan rizkinya, tidak mengalami kefakiran, dan dijaga dari segala sesuatu yang merugikan, dimuliakan atau dihormati orang disegani orang dan berhasil semua tujuan.

5. Menyembuhkan segala macam penyakit

Diceritakan oleh ibnu Abbas ra : Ketika sayyidina Hasan bin Ali ra, sakit parah, Rasulullah saw membacakan surat al Fatihah pada air sebanyak 40 kali lalu air itu diusapkan pada wajah, kelapa, telapak kaki dan tangannya maka Hasan bin Ali ra segera diberi kesembuhan oleh Allah swt.

6. menghilangkan kebingungan hati

Apabila ditulis di piring dan dilebur dengan air dan diminumkan orang yang bingung hatinya atau susah, insyaAllah sembuh.

7. Melepaskan ikatan rantai

Apabila ada orang yang dirantai atau dipenjara, lalu rantai tersebut dibacakan surat al Fatihah 121 kali dengan hati khusyu' lalu ditiupkan pada rantai tersebut sebanyak 10 kali insyaAllah dapat terlepas.


8. Agar mudah dalam mencari rezeki

Bacalah surat al fatihah secara rutin setiap hari setelah melaksanakan shalat subuh sebanyak 41 kali, dengan demikian insyaAllah mudah dalam mencari pekerjaan, dilapangkan rizkinya, dimudahkan dalam membayar hutang dikuatkan badannya dan jika merantau akan dihormati dan disenangi orang 


9. Agar terhindar dari segala bencana

Apabila surat al Fatihah dibaca setiap habis shalat lima waktu secara rutin, maka insyaAllah pembacanya akan terhindar dari segala bencana terlepas dari segala kesulitan baik kesulitan dalam urusan kehidupan, rumah tangga, anak keluarga dan lain-lain.

10. Agar semua hajatnya tercapai

a. Barang siapa senantiasa membaca surat al Fatihah setelah selesai shalat fardlu 100 kali maka insyaAllah dapat memperoleh segala apa yang diinginkan dengan cepat.

b. Barang siapa senantiasa membaca surat al Fatihah selesai shalat subuh sebanyak 125 kali insyaAllah tercapai apa yang dimaksud.

c. Barang siapa senantiasa membaca surat al Fatihah setiap selesai menjalankan shalat sunnah sesudah maghrib sebelum pindah dari tempat yang semula sebanyak 40 kali kemudian memohon apa yang diinginkan maka insyaAllah akan terkabul.

Semoga bermanfaat, Amiin ya rabbal 'alamiiin .................

Posting Komentar untuk "Surat Al Fatihah dan Khasiatnya 1"

close